Kegunaan Inkubator bagi Pebreeder

Kegunaan Inkubator bagi Pebreeder



Banyak penyebab kegagalan dalam proses penetasan telur oleh indukan, misalnya indukan yang akan meninggalkan sarangnya karena selalu terganggu atau indukan yang memiliki sifat buruk misalnya selalu membuang telur-telurnya. Jika sudah demikian solusi yang bisa dilakukan adalah menitipkan telur burung tersebut pada telur burung babuan. 
Seperti diketahui, agar telur bisa menetas setidaknya beberapa hal sangat dibutuhkan dalam perkembangannya tersebut  yaitu indukan yang berpengalaman atau indukan yang sudah cukup umur, dengan demikian mereka akan dengan mudah melakukan pekerjaannya tanpa terganggu oleh masalah lainnya.

Untuk menetaskan telur indukan tersebut harus melakukan beberapa hal sebagai berikut :
  • Mengerami telurnya dengan tujuan menghangatkan telur.
  • Membolak - balik telur.
  • Membuat atau menjaga kelembaban dalam sarangnya.

Jika salah satu tidak dilakukan, maka sudah bisa dipastikan telur akan gagal menetas, terutama jika indukan yang selalu mengabaikan sarangnya.
Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki burung babuan, atau dalam kondisi darurat kita menemukan sebuah sarang yang berisi telur di alam ? Jawaban yang paling rasional tentu kita membutuhkan inkubator untuk membantu menetaskan telur tersebut. 
Lalu, apa kegunaan dari inkubator itu?
 
Inkubator adalah alat yang dapat digunakan untuk menetaskan telur dan merawat telur maupun piyikan burung yang baru saja menetas. piyikan burung yang baru menetas sangat memerlukan perawatan khusus agar dapat bertahan hidup.
Kenapa harus didalam Inkubator dalam melakukan perawatan? 
Burung yang baru saja menetas sangat membutuhkan temperatur suhu yang baik agar kondisi burung tersebut dapat selalu terjaga dengan baik dan sehat, seperti halnya pada bayi yang baru saja dilahirkan yang pasti juga membutuhkan perawatan khusus agar bayi tersebut sehat dan normal. Karena itulah para pebreeder (peternak) memanfaatkan Inkubator ini sebagai alat unutk membantu dalam proses perawatan telur burung dan anakan burung yang baru saja menetas. karena didalam Inkubator suhu yang ada selalu stabil dan dapat mengatur ketinggian suhu secara otomatis sesuai kebtuhan anakan burung tersebut. Jadi dalam pemakaian inkubator ini menjadi kecil kemungkinan untuk telur dan piyikan burung yang nantinya mati yang biasanya disebabkan karena temperatur yang tidak stabil.

Semoga bermanfaat..
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut