Setting Koneksi Indihome menggunakan Mikrotik RB 750 + Wifi

Setting Koneksi Indihome menggunakan Mikrotik RB 750 + Wifi  

Mikrotik RB750 adalah salah satu jenis RouterBoard Mikrotik yang paling banyak digunakan karena harganya yang murah meriah. Mikrotik RB 750 memiliki 5 buah port ethernet 10/100, dengan prosesor baru Atheros 400MHz dan sudah termasuk dengan lisensi level 4. Sayangnya RB750 tidak memiliki interface Wireless, sehingga tidak dapat langsung digunakan untuk membuat wireless Hotspot. Agar dapat membuat wireless Hotspot perlu ditambahkan perangkat tambahan sebagai Access Point.

Oke, kali ini Umam MK akan membahas tentang Setting Koneksi Indihome menggunakan Mikrotik RB 750 + Wifi  . Tutorial ini dikhususkan bagi anda yang akan belajar memodifikasi jaringan dari Internet Indihome yang asal mulanya hanya terdapat 1 modem yang disediakan dari telkom saja. Nah bagi yang ingin memodifikasi, anda dapat menggunakan  Mikrotik RB750 ini untuk pembagian IP nya nanti. Oke mari kita  belajar Setting Mikrotik RB750 bersama. 


Disini nantinya saya akan mencoba untuk menghubungkan koneksi Indihome dengan menggunakan Mikrotik RB750 yang nantinya mikrotik tersebut akan dihubungkan ke 2 Buah HUB, 1 PC, dan 1 Accses Point Wifi Outdor. 


 Berikut ini adalah cara Setting Mikrotik RB750 dengan koneksi Internet Indihome. Disini dial ke Indihome nya langsung dari Mikrotik, tidak menggunakan modem ADSL.
  1. Silakan set Modem ADSL anda ke mode ‘BRIDGE’, jadi kalo masih mode ‘PPPoE’ silahkan di ‘RESET’ modemnya & setting ulang. 
  2.  Reset juga  Mikrotik RB750 nya bila masih baru atau menggunakan setting default bawaan Mikrotik. Caranya :   
- Anda silahkan masuk dulu melalui winbox. lalu pilih pada menu "Connect to" pilih  nama mikrotik anda. bila mikrotik masih baru, isi  text box Login dengan  "admin" dan Password silahkan anda kososngkan.                                       

- Pada Winbox Pilih Menu System --> Reset Configuration --> Reset Configuration


 - Pada menu Interface terdapat interface ethernet yang sudah terhubung dengan mikrotik. sesuai dengan rangkaian gambar sebelumnya, yaitu terdapat 5 ethernet yang terhubung ke dalam mikrotik. anda dapat me rename interface tersebut agar memudahkan dalam memodifikasi nantinya. caranya dengan double klik pada interface ethernet yang akan di rename lalu silahkan anda ganti nama yang menurut anda mudah untuk membedakan dengan saluran interface ethernet lainya.


-Langkah selanjutnya anda harus melakukan konfigurasi IP pada setiap eihernet tersebut. caranya silahkan klik menu "IP" kemudian "Address" lalu klik tanda "+" pada tampilan Address list dan isikan IP addreass pada text box Address. pengisian IP address dapat di setting berdasarkan kegunaan ethernet masing-masing. saya disini akan setting IPnya dengan IP address yang sudah tertulis di gambar rangkaian diatas. 
-Kemudian pada combo box interface anda pilih interface  yang akan anda gunakan, misal untuk IP ethernet hotspot "192.168.1.1/24" dan pilih interface yang sudah saya beri nama "hotspot". "interface hotspot" disini maksudnya saya menghubungkan port ethernet tersebut ke Access Point outdor yang dapat digunakan untuk internet hotspot.

Bersambung...
















SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut